membersihkan carburator motor dengan cleaner carburator

service motor depok
Pernah mendapati karburator motor terlihat berkerak putih? Mirip-mirip penyakit keputihan, kerak ini menjadi penyakit klasik yang pasti dialami setiap motor, apapun itu merknya. Ibarat virus hidung meler alias pilek yang pasti pernah menjangkiti siapapun.

Gejala kerak ini biasanya muncul ketika musim hujan atau sering melibas daerah yang memiliki kadar garam tinggi. Penyakit ini bisa kambuhan pada motor-motor yang suka nekat melaju sambil 'berenang' saat banjir dadakan di ruas jalan. Karburator bisa korosi dan rusak. Performa motor pun akan menurun karena kotoran asing menjadi kerak.

Karburator pada kendaraan bermotor berbentuk seperti mangkok, di dalamnya terdapat spuyer dan jarum spuyer. Fungsi utama karburator adalah sebagai tempat mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat sehingga sesuai kebutuhan, sebelum disalurkan ke dalam ruang pembakaran dalam bentuk kabut.
Karburator yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi kelancaran suplai bahan bakar. Apabila kotor berkerak, suplai bahan bakar menjadi tidak lancar, dan berdampak pada pembakaran yang tidak sempurna, akibatnya sepeda motor kurang bertenaga bahkan bisa mogok. Selain itu mesin bisa cepat panas dan knalpot mengeluarkan bahan bakar mentah berupa asap yang tidak normal. Suaranya pun tak enak didengar di telinga.

Menurut Yohannes, bosnya bengkel modifikasi X-16, kerak pada karburator juga bisa disebabkan dari kualitas bahan bakar. Residu yang menempel seperti kerak juga bisa disebabkan proses pembakaran dan  masuknya air ketika motor terjebak banjir.

Jika tidak mau terlalu cepat kotor, Yohannes menyarankan para bikers agar tetap memakai filter standar. "Jangan pakai filter racing karena bentuk filternya terbuka sehingga cepat kotor," ujarnya.

Satu-satunya cara untuk membasmi kerak yah melakukan servis rutin. Pembersihan kaburator bisa dilakukan secara berkala mengikuti proses penggantian oli. Sasarannya  tentu endapan kotoran dan air di bensin, serta mangkuk spuyer dan dudukan jarum pelampung korosi.

Jika tidak ada waktu mampir ke bengkel, bisa kok dikerjakan sendiri. Cukup membuka karburator sendiri lalu menyemprotkannya dengan carburator cleaner. "Nanti bakal hilang keraknya kok," katanya.so rutin lakukan servis rutin motor honda anda di Ahass terdekat, motor awet serta tetap nyaman.

(sumber : http://gilamotor.com/)


Tag : depok service motor, bahar motor, service motor , cara menjaga stamina motor